Cara Install Fonts Arab Pada Windows 7

Ada celoteh dari teman-teman tentang office nya yang tidak bisa dibuat nulis arab. Sebenarnya dalam windows 7 kita tidak membutuhkan lagi software pihak ketiga untuk bisa menulis arab. kita hanya perlu melakukan sedikit settingan pada control panel. mau tahu caranya bagaimana berikut ini saya terangkan caranya disertai gambar untuk memudahkan sobat yaqindlive dalam mempraktekkannya.
langsung aja ke tekape :

  • Buka control panel dan pada bagian Clock, Language and Region pilih saja Change keyboards or other input methods


  • Pada window Region and Languge klik tabulasi Keyboards and Languages dan Pilih tombol Change keyboards


  •   Maka Akan terbuka tampilan window Text Services and Input Languages. Klik saja tombol Add

  • Pada window Add Input Language, pilih salah satu layout bahasa arab yang akan digunakan, dalam contoh ini kami menggunakan Arabic (Saudi Arabia)






Note :
Saat ditampilkan jendela di atas, silahkan anda klik preview untuk melihat layout keyboardnya, gunakan aplikasi Snagit atau Printscreen defaultnya windows untuk menyimpan gambar keyboard layout preview tersebut sebagai panduan mengetik menggunakan keyboard atau mungkin anda menulisnya secara manual (saya pikir tidak usah dijelaskan sudah paham semua kan yang dimaskud. jika tidak tinggalkan komentar).






  • Setelah menyimpan screenshoot keyboard layout preview , pada window Add Input Language silahkan anda klik OK
  • Berikut ini tampilan pada window Text Services and Input Languages di bawah menunjukkan bahasa Arabic (Saudi Arabia) sudah berhasil ditambahkan ke system windows.



  • Klik saja OK
  • Selesailah sudah proses installasi font arab pada Windows 7 anda, sekarang jika anda ingin mengetik arab maka silahkan buka Microsoft Word atau software office yang lainnya kemudian pada taskbar pilih AR Arabic (Saudi Arabia) - seperti gambar dibawah ini-


  • dibawah ini setelah saya mencobanya dalam word 2010 (karena office saya 2010). namun cara ini juga berfungsi di word 2007 dan 2003.


..: Selamat Mencoba :..


2 komentar:

Pujangga Baru said...

thanks gan,,, hehehehe,. terus posring yg bermanfaat ya,, :)

Unknown said...

gmna caranya copas huruf arab di internet biar gak ter balik ,,,mksh d wait jawabannya gan>>>>>>>>>>>>>>>>>

TEMPLATE COSTUMIZED BY : YAQINDLIVE TEAM